Rabu, 05 Oktober 2011

Tugas 3 : "SLOGAN MENJADIKAN KONSUMEN LOYAL"


Sebuah strategi pemasaran yang sukses membutuhkan sebuah identitas,  merek atau brand company yang kuat. Identitas ini harus jelas dan harus mampu mencerminkan perusahaan   maupun memberikan daya tarik yang dapat memikat  konsumen. Slogan itu sendiri  adalah  Kalimat singkat dalam poster yang menarik perhatian serta memotivasi orang untuk melakukan apa yang ada dalam sebuah poster dan juga digunakan untuk promosi barang-barang.Tujuan utama dari slogan adalah untuk memberikan  suatu key message  dari merek atau produk tersebut yang membekas didalam   benak / pikiran dari  konsumen.
 
Marketing slogans yang kuat dan menarik harus memperhatikan hal-hal dibawah ini :
- Be memorable / Slogan harus mudah diingat
- Address the consumer / target  /  Siapa yang menjadi target konsumen  kita
- Be Positive /  Slogan harus bersifat positif ( tidak menjelekkan pihak lain )
- Separate you from your competition / Slogan perusahaan Anda harus berbeda dari Kompetitor
- Relate to the consumer./ Slogan perusahaan Anda harus berkaitan dengan konsumen

Kita dapat memperlajari bagaimana pemilihan Slogan yang smart, tepat dan menarik dari perusahaan-perusahaan dibawah ini :
 
1. MICROSOFT  “ Where do you want to go today ?”
Microsoft “Where do you want to go today?”  merupakan kampanye iklan pertama kali di dunia dari  Microsoft. Pertamakali Slogan ini  diluncurkan dengan menggunakan media  cetak, televisi, billboard, dll.  Diluncurkan pada tahun 1994,  biaya yang dikeluarkan oleh Microsoft sebesar  $ 100.000.000
Slogan Microsoft : Where do you want to go today?  Slogan ini dibuat berdasarkan visi dari pendirinya Bill Gates dimana Microsoft berambisi menjadi jembatan dalam era digitalisasi dimana segala aktivitas baik bisnis maupun rumah tangga , dimanapun, kemanapun dan kapanpun, orang akan menggunakan komputer baik itu pc,  desktop, ataupun notebook.




2. VISA " It's Everywhere You Want to Be " 
Visa USA  : " It's Everywhere You Want to Be "   Slogan baru ini ditujukan untuk menyampaikan gagasan bahwa Visa adalah metode pembayaran yang paling diterima di dunia. Kampanye slogan baru dari  Visa disiarkan  pada  Olimpiade.  Dengan mempromosikan bahwa Visa merupakan  kartu kredit eksklusif. Hasil dari kampanye Slogan baru  Visa melalui  siaran televisi nasional,  majalah, hight traffic  situs Web dan billboards maka dalam jangka waktu selama tiga bulan dan kampanye dari Slogan Visa ini dapat menarik kesan /  impresi dari sekitar 4 miliar  pemirsa / konsumen

 
3. PHILIPS "Let's make things better"
"Let's make things better" adalah  Slogan Philips. suatu  perusahaan  electronic raksasa Belanda
Koninklijke Philips Electronics N.V. (Royal Dutch Philips Electronics Ltd.), biasa dikenal sebagai Philips, ialah salah satu produsen elektronik konsumen terbesar di dunia. Pada 2004, penjualannya sekitar € 30,3 juta dan mereka mempekerjakan 161.586 orang di lebih dari 60 negara. Pada 2004, Philips memiliki slogan "Let's make things better" Dan di tahun 2004 Philips mengganti slogannya  dengan slogan yang baru : "Sense and Simplicity".


4. LG "Life's Good".
LG ", singkatan dari" Goldstar Lucky ". Slogan perusahaan ini adalah :  "Life's Good".
LG  dikenal di dunia sebagai produk peralatan  elektronik berkwalitas dan orang  menghargai merek ini. LG-  a Lucky Goldstar atau   Life's Good. diciptakan oleh : Shefali Roy.
LG is a world renowned brand and people hold this brand ...Living Up to Their "Life's Good" . Produk LG adalah  home electronics seperti  radio, jam dan peralatan elektronik lainnya.

 
5. YAHOO “  Do you Yahoo “
Slogan “  Do you Yahoo “ memiliki sasaran  dimana pengguna internet di dunia menggunakan produk Yahoo ini.   Yahoo Inc (NASDAQ: yahoo) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, didirikan oleh  Jerry Yang and David Filo in January 1994. Yahoo   menyediakan layanan melalui Internet di seluruh dunia. Perusahaan ini  dikenal untuk portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo Directory, Yahoo Mail, Yahoo News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), berbagi video (Yahoo! Video), dan media sosial website dan services. Yahoo tumbuh  pesat sepanjang tahun 1990-an sampai saat inipun Yahoo merupakan satu provider pelayanan  Internet  yang terkemuka didunia ini.
 
6. COCA COLA  - The Real Thing
Kita pernah mendengar slogan Coca Cola  - Always Coca-Cola. Di tahun 1993
The Real  Thing Coca-Cola  - menekankan bahwa minuman Coca Cola adalah "sebuah minuman sehat yang menyenangkan, cocok  mengurangi kelelahan dan sangat diperlukan untuk bisnisman dan profesional, mahasiswa, orang-orang  aktif  dan para atlet".
Slogan Coca-Cola  "Real Thing"  memperoleh   kemenangan  dari   industri periklanan di Amerika  sebagai salah satu the best Slogan.

  
7.BMW  - The ultimate driving machine
BMW adalah singkatan dari Bavarian Motor Works  adalah perusahaan automotif Jerman  yang didirikan pada tahun 1916. BMW merupakan perusahaan induk dari Rolls-Royce Motor Cars. BMW memproduksi sepeda motor di bawah BMW Motorrad dan merek Husqvarna. BMW dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi kendaraan mewah dan merupakan leader dunia di dalam penjualan mobil premium.

BMW merubah  Slogansnya beberapa kali :
Berikut adalah  Marketing slogans dari BMW  :
BMW. The Ultimate Driving Machine.
BMW. Sheer Driving Pleasure.
The Ultimate Driving Experience.
BMW telah naik peringkatnya dari peringkat  nomor 11 untuk mobil Eropa yang  dipasarkan di  USA  menjadi peringkat   nomor satu untuk penjualan  mobil Eropa di Amerika Serikat.   Perubahan slogan BMW  menjadi  The Ultimate Driving Machine membuat penjualan BMW  semakin sukses dipasaran automotif.



8. POLYTRON  “Memang Canggih”
Merupakan produsen raksasa produk-produk elektronik Indonesia. Polutron  memperkenalkan tagline baru perusahaan ini pada tahun 2011 :  “Memang Canggih”. Slogan Memang Canggih ini  adalah Slogan baru Polytron. Tagline baru ini tertulis dengan jelas di bawah logo tulisan “Polytron”.
Dengan tagline baru ini, Polytron berharap citra positif Polytron semakin meningkat. Selama ini, Polytron dikenal sebagai satu-satunya perusahaan elektronik Indonesia yang menghasilkan produk berkualitas dan paling mampu bersaing dengan banyaknya kompetitor dari luar negeri






9. TEH BOTOL SOSRO “ Apapun makannya, minumnya teh botol Sosro “

Tidak banyak produk Indonesia yang begitu membanggakan dan mampu mengalahkan  kekuatan produk internasional. Salah satu produk membanggakan yang dapat mengalahkan produk luar  adalah Teh Botol Sosro. Produk-produk  asing yang dikalahkan adalah produk yang telah memiliki  brand image di dunia Internasional.  Perlahan tapi pasti produk teh botol sosro mulai mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia. Terlebih ketika slogan "Apapun makannya, minumnya teh botol sosro" di munculkan. Slogan ini tidak saja mengguncang sesama produk teh namun juga produk minuman secara keseluruhan.





10. ANTANGIN “wes-ewes ewes bablas angine.
“Wes-ewes-ewes, bablas angine”. Demikian ucapan Basuki (alm.) dalam iklan televisi obat/jamu masuk angin, Antangin JRG. Dulu, iklan tersebut begitu sering menghiasi layar kaca. Miliaran rupiah dihabiskan PT Deltomed Laboratories untuk mengangkat awareness terhadap mereknya lewat iklan tersebut. Memang berhasil. Bintang iklannya yang terkenal serta jargon yang jenaka terasa pas buat mendongkrak Antangin.
 



Demikianlah Slogan bisnis yang kuat  dapat membuat suatu keberhasilan dalam strategi   pemasaran. Sebuah slogan yang kuat dan  cerdas dan  menarik  akan  membuat bisnis Anda berkesan bagi konsumen  dan membuat sales Anda akan melonjak hanya dalam beberapa detik saja.


Sumber :http://vibizmanagement.com/column/index/category/sales_marketing/2334
                                http://masrizal-gati.blogspot.com/2009/01/swa-tolak-angin-berlari-kencang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar